Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Jambore Cabang X Tahun 2018

  • Foto bersama usai Pemberangkatan ETK di Gubug

  • Ka Kwarcab Kak Agus Siswanto bersama Jajaran Mabiran dan Kepala SMA dalam KOS 2018

  • Serah Terima ETK di Kota Semarang

  • Pengiriman Kontingen Jamda SD/MI Tahun 2018 di Purbalingga.

  • Wisata Pramuka Siaga Tahun 2018

Artikel

Cetak

LESTARIKAN BUDAYA MELALUI PESTA SIAGA

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Perhelatan Pesta Siaga Cabang yang akan dilaksanakan oleh Kwartir Cabang 11 15 Grobogan pada tanggal 1 Maret 2015 mendatang disiapkan sangat matang  oleh beberapa  Kwartir Ranting, tak kalah ketinggalan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 15 04 Purwodadi, Minggu 15 Februari 2015 di Halaman SMP N 1 Purwodadi menggelar Pesta Siaga tingkat ranting.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Kustomo, sebanyak  94 barung yang terdiri 34 barung putra dan 60 barung putri dari pangkalan SD/MI se Kwartir Ranting Purwodadi ikut berkompetisi dalam kegiatan ini.

Kegiatan terbagi dalam beberapa kedai (pos) diantaranya  ketaqwaan, toleransi beragama, yel-yel, kepribadian berseragam, pengetahuan umum dan kepramukaan, kecerdasan ingatan, narator cilik, parade geguritan, bermain peran, gerak lagu, tali iktan, kompas, soda manda, kereta bola basket, bumbung kemanusiaan dan peduli lingkungan. Masing –masing barung menunjukkan kompetensi yang dimiliki.

Ada pemandangan yang menarik dalam dua pos yang berbeda, satu barung tampak bermain soda manda melemparkan gacuk yang terbuat dari kayu untuk dilempar ke belakang dan dimasukkan ke dalam kotak-kotak di atas tanah, sementara pada pos yang lain, tampak satu barung melaksanakan atraksi gerak dan lagu, mereka dengan lincah, trengginas dan terkadang muncul gerakan yang lemah gemulai dengan mengikuti iringan gending-gending tradisional atau  tembang dolanan anak-anak. Ada beberapa tembang dolanan yang mengiringi, diantaranya lagu gundul-gundul pacul, kupu-kupu kuwi, cublak-cublak suweng.

Menurut, Achmadi  Ketua Kwartir Ranting Purwodadi, selain memberi kesempatan kepada anak-anak siaga untuk saling bertemu dan berkompetisi, kegiatan ini juga untuk menanamkan rasa bangga dan memiliki akan budaya bangsa yang begitu banyak, sehingga sejak dini ditanamkan kepada anak-anak untuk ikut melestarikan budaya bangsa ini. Ditambahkan oleh Achmadi, hal ini seiring dengan himbauan dari Pemerintah Daerah Kabubaten Grobogan yaitu melestarikan atau nguri-nguri kebudayaan tradisional dan mensukseskan pembangunan Jawa Tengah pada bidang kepribadian dan kebudayaan.

Barung Putri Merah dan Barung Putra Biru dari pangkalan Gugusdepan SD Negeri 1 Nambuhan tampil sebagai Juara I Pesta Siaga Kwarran Purwodadi. Sehari sebelumnya (Sabtu, 14 Februari 2015) Kwartir Ranting Kecamatan Brati juga menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga bertempat di SD N 1 Kronggen yang dimenangkan oleh Barung Putri Hijau SD N 1 Kronggen  dan Barung Putra Biru dari pangkalan SD N 1 Karangsari masing-masing sebagai Juara I. 

Ka Kwarran Purwodadi menyerahkan tropy kejuaraan