Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Pesta Siaga Kwarcab Grobogan Tahun 2016

  • Pentas Tari Payung dalam rangka HUT Gerakan Pramuka ke 52

  • Jajaran Ka Kwaran dan Ka Kwarcab Grobogan pada Pesta Siaga 2015

  • Pemotongan Tumpeng dalam rangka Hari Pramuka ke 52

  • Peringatan Hari Pramuka.

  • Ka Kwarcab bersama Peserta GWCAB

Artikel

Cetak

KWARCAB GROBOGAN KADER 123 PEMBINA BARU MELALUI KMD

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Grobogan (02/11/2014). Bertempat di SMP Negeri 2 Toroh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, sebanyak 123 pembina mengikuti Kursus Pembina Mahir tingkat Dasar (KMD). Kegiatan yang digelar selama 5 hari mulai 29 Oktober 2014-2 November 2014 ini adalah kerjasama antara Kwarcab 11.15 Grobogan dengan Forum MKKS Rayon 3 Kabupaten Grobogan. Peserta merupakan utusan dari pangkalan / gugus depan SMP/MTs di wilayah Kabupaten Grobogan. 

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan yang diwakili oleh Sekretaris Cabang H. Sarwiyanto, S.Ag. Dalam sambutannya Sarwiyanto menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka telah mendapatkan amanah dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi generasi muda. Dalam hal ini Pembina di gugus depan merupakan ujung tombak kepanduan yang akan menentukan keberhasilan pendidikan terhadap kaum muda tersebut. Kepercayaan yang telah diberikan merupakan tantangan yang harus dijawab dan dibuktikan dengan tindakan karya nyata.

 

Kak Budiyono,M.Pd. Pelatih Pusdiklatcab Kalacakra memberikan materi penerapan ekstrakurikuler pramuka di sekolah

Pada kesempatan yang sama ditambahkan pula oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Kalacakra Kwarcab Grobogan, Suprodjo, SPd bahwa kaderisasi pembina akan selalu dilanjutkan oleh Kwarcab Grobogan melalui Pusdiklatcab Kalacakra. Dengan tingginya minat pembina guna mengikuti Kursus Pembina diharapkan terwujud pembina yang berkualitas, memiliki motivasi tinggi dan berinovasi.

Akhir kegiatan, Kursus ditutup oleh Ka Kwarcab yang diwakili oleh Waka Kwarcab bidang Binamuda Drs.H.Karsono, M.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa lulusan KMD jangan hanya puas pada selembar kertas, lebih dari itu pembina yang baru lulus harus segera mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di gugus depan masing-masing dan meningkatkan kompetensi diri sebagai pembina pramuka dengan mengikuti Kursus Pembina Mahir tingkat Lanjutan (KML).

 

Berdasarkan laporan akhir kursus yang disampaikan Suprodjo, SPd selaku Kapusdiklatcab, diketahui bahwa dari 123 peserta yang mengikuti KMD, sebanyak 120 dinyatakan lulus dan sebanyak 3 peserta ditangguhkan kelulusannya karena beberapa hal. Peserta yang ditangguhkan harus menempuh beberapa tugas yang dipersyaratkan agar dapat dinyatakan lulus.