Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Jambore Cabang X Tahun 2018

  • Foto bersama usai Pemberangkatan ETK di Gubug

  • Ka Kwarcab Kak Agus Siswanto bersama Jajaran Mabiran dan Kepala SMA dalam KOS 2018

  • Serah Terima ETK di Kota Semarang

  • Pengiriman Kontingen Jamda SD/MI Tahun 2018 di Purbalingga.

  • Wisata Pramuka Siaga Tahun 2018

Artikel

Cetak

KWARAN PULOKULON : PESTA SIAGA AJANG KREASI PRAMUKA SIAGA

Ditulis oleh Abdimas Humas. Posted in Berita

Sejumlah barung tampak menunjukkan kebolehannya dalam setiap kedai (pos), anak-anak pramuka siaga dengan semangat dan keceriaannya tampil memukau para dewan yuri, terkadang dengan geli melihat tingkah laku para peserta yang lucu tapi trengginas. Seperti halnya pada kedai bermain peran, ada salah satu barung yang menceritakan tentang asal usul Kabupaten Grobogan, dua anggota barung yang berperan sebagai prajurit memikul sebuah grobog sementara anggota barung yang berperan sebagai prajurit juga mengikuti di sampingnya, karena kelelahan akhirnya mereka istirahat di suatu tempat. Ditempat istrahat tersebut, pimpinan rombongan menyampaikan kepada para prajurit, “ daerah ini saya beri nama GROBOGAN”

Kedai bermain peran dengan tema "Asal usul nama Grobogan"

Sementara di kedai gerak dan lagu  tampak anak-anak pramuka siaga yang sudah didandani dan sambil membawa pecut, mereka membawakan Tari Pangon, diiringi dengan musik,  membawakan dengan serius tapi tetap kelihatan jenaka dan kocak, para penontonpun terkesima melihatnya.

Pemandangan tersebut terlihat pada kegiatan Pesta Siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Pulokulon pada Hari Minggu, tanggal 16 Februari 2014. Kegiatan yang berlangsung sehari dilaksanakan di UPTD Pendidikan Kecamatan Pulokulon diikuti oleh 6 barung putra dan 6 barung putri. Sebelumnya barung tersebut merupakan hasil seleksi yang diselenggarakan dari masing-masing Dabin di lingkup pendidikan dasar Kecamatan Pulokulon.

Kedai gerak lagu dengan "Tari Pangon"

Menurut Ka Kwarran Pulokulon, H. Suyanto, S.Pd, MM didampingi Ketua Panitia Penyelenggara, Budi Santoso, S.Pd.M.Pd bahwa kegiatan pesta siaga ini adalah untuk memupuk bakat pramuka siaga agar dapat dikembangkan dikemudian hari sehingga timbul semangat dan keberaniannya. Penanaman nilai-nilai luhur bangsa Indonesia juga ditanamkan kepada para Pramuka Siaga, sehingga diharapkan pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini kepada anak-anak siaga akan selalu tertanam pada kepribadiannya.

Ditambahkan oleh Suyanto, Pesta Siaga tingkat Kwarran ini juga  untuk menyaring 1 barung terbaik  putra dan putri yang akan dikirimkan dalam kegiatan serupa pada tingkat Kwartir Cabang 11 15 Grobogan besok hari Minggu tanggal 23 Februari 2014.

Selama kegiatan berlangsung, masing-masing barung harus berkompetisi di masing – masing kedai (pos) yang telah disiapkan. Berbagai kegiatan atraktif yang bersifat mendidik dilaksanakan di kedai-kedai. Ada kedai parade puisi, kepribadian, yel-yel, peduli lingkungan dan ada juga kedai ketrampilan. Semua kedai dikemas menarik dan disesuaikan dengan perkembangan jiwa peserta didik Pramuka Siaga.

Sementara itu dalam pesan Bunda Suprapti Ahmad Basuki (istri Ahmad Basuki Mulyono, Camat Pulokulon) pada upacara pembukaan menyampaikan bahwa diselenggarakan Pesta Siaga, agar kedisiplinan, tanggung jawab, nasionalisme, dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada Pramuka siaga untuk dapat ditingkatkan, karena proses kepemimpinan bangsa di masa depan dimulai dari anak-anak generasi sekarang ini.

Barung Putra SDN 1 Panunggalan  dan Barung Putri SDN 2 Jetaksari tampil sebagai barung terbaik dan berhak mewakili Kwarran Pulokulon pada pesta siaga tingkat Kwarcab Grobogan.

 

Secara bersamaan hari ini, Kwartir Ranting Purwodadi, Toroh, Klambu dan Tegowanu juga menyelenggarakan kegiatan pesta siaga.

TOP