Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Pesta Siaga Kwarcab Grobogan Tahun 2016

  • Pentas Tari Payung dalam rangka HUT Gerakan Pramuka ke 52

  • Jajaran Ka Kwaran dan Ka Kwarcab Grobogan pada Pesta Siaga 2015

  • Pemotongan Tumpeng dalam rangka Hari Pramuka ke 52

  • Peringatan Hari Pramuka.

  • Ka Kwarcab bersama Peserta GWCAB

Artikel

SAKA BHAYANGKARA KWARTIR CABANG 11 15 GROBOGAN, UKIR PRESTASI DI PERSABHARA TAHUN 2015

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Persiapan yang dilakukan oleh Kontingen Saka Bhayangkara Kwarcab 11 15 Grobogan untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Saka Bhayangkara (Persabhara) tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah tidaklah sia-sia. Perhelatan tahunan bagi anggota Saka Bhayangkara se Jawa Tengah yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan Kepramukaan (Puskepram) Candra Birawa Gunung Pati Kota Semarang selama tiga hari  dari tanggal 2-4 Oktober 2015 mampu diikuti dengan baik oleh Kontingen Saka Bhayangkara Kwarcab Grobogan binaan Polres Grobogan.

 

KWARCAB GROBOGAN GELAR PESTA SIAGA

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Sebanyak 19  barung putra dan 19 barung putri dari 19 Kwartir Ranting se Kwarcab 11 15 Grobogan mengikuti perhelatan besar yang dikemas dalam kegiatan Pesta Siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang 11 15 Grobogan di halaman Setda Grobogan hari Minggu 1 Maret 2015.

Semua peserta datang penuh dengan keceriaan, dengan didampingi Bunda dan Ayahandanya (sebutan untuk pembina pramuka siaga) mereka siap mengikuti kompetisi yang digelar secara rutin setiap tahun oleh Kwarcab 11 15 Grobogan. Dengan bekal yang sudah didapatkan dari gugusdepan dan pembinaan dari Kwartir Ranting masing-masing, selain wajah ceria, anak-anak Pramuka siaga dengan penuh optimis akan mampu melaksanakan kegiatan yang digelar selama sehari.

Dalam pesan pembukaan yang disampaikan oleh Bunda Suryati Icek Baskoro, anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Grobogan bahwa kegiatan Pesta Siaga adalah wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak dini, sehingga akan lahir patriot-patriot bangsa yang handal dan berkarakter baik. Pesta Siaga ini dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi, cinta lingkungan, disiplin dan bertanggungjawab serta mempererat tali persahabatan dan persaudaraan. Selain itu agar anak-anak Pramuka siaga dapat mencari ilmu pengetahuan, ketrampilan dan tidak kenal menyerah.

Pada kegiatan Pesta Siaga, selain diujikan tentang teknik kepramukaan, terdapat pula kompetensi yang bersifat permainan anak-anak dan juga permainan tradisional, hal ini agar anak-anak siaga selalu ceria dan dekat dengan dunia mereka yang masih anak-anak. Sementara itu pada pada permainan tradisional mereka diajak untuk mengenal bahwa Bangsa Indonesia ini memiliki berbagai jenis permainan tradisional yang merupakan kekayaan bangsa yang harus dilestarikan.

Dilaporkan oleh Siswanto, Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab 11 15 Grobogan, terdapat 17 kedai (pos/materi) pada kegiatan Pesta Siaga Kwarcab 11 15 Grobogan kali ini, ada kedai keagamaan, toleransi, yel, kepribadian, gerak dan lagu, pengetahuan umum dan kepramukaan, soda manda, parade geguritan, bermain peran dan lain-lain.

Barung Biru Putra SDN 1 Nambuhan Kwarran Purwodadi  dan Barung Merah Putra SDN 3 Tanggungharjo Kwarran Grobogan tampil sebagai juara 1 dan 2. Sedangkan juara 1 dan 2 putri diraih oleh Barung Merah Putri SDN 1 Nambuhan dan Barung Merah Putri SDN 3 Tanggungharjo Kwarran Grobogan. Keempat barung ini, kata Siswanto akan mewakili Kwarcab 11 15 Grobogan pada kegiatan serupa di tingkat Binwil Semarang pada tanggal 12 April 2015 di Kota Semarang. 

 Permainan tradisional soda manda meriahkan Pesta Siaga Kwarcab Grobogan

Tahun 2015

LESTARIKAN BUDAYA MELALUI PESTA SIAGA

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Perhelatan Pesta Siaga Cabang yang akan dilaksanakan oleh Kwartir Cabang 11 15 Grobogan pada tanggal 1 Maret 2015 mendatang disiapkan sangat matang  oleh beberapa  Kwartir Ranting, tak kalah ketinggalan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 15 04 Purwodadi, Minggu 15 Februari 2015 di Halaman SMP N 1 Purwodadi menggelar Pesta Siaga tingkat ranting.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Kustomo, sebanyak  94 barung yang terdiri 34 barung putra dan 60 barung putri dari pangkalan SD/MI se Kwartir Ranting Purwodadi ikut berkompetisi dalam kegiatan ini.

Kegiatan terbagi dalam beberapa kedai (pos) diantaranya  ketaqwaan, toleransi beragama, yel-yel, kepribadian berseragam, pengetahuan umum dan kepramukaan, kecerdasan ingatan, narator cilik, parade geguritan, bermain peran, gerak lagu, tali iktan, kompas, soda manda, kereta bola basket, bumbung kemanusiaan dan peduli lingkungan. Masing –masing barung menunjukkan kompetensi yang dimiliki.

Ada pemandangan yang menarik dalam dua pos yang berbeda, satu barung tampak bermain soda manda melemparkan gacuk yang terbuat dari kayu untuk dilempar ke belakang dan dimasukkan ke dalam kotak-kotak di atas tanah, sementara pada pos yang lain, tampak satu barung melaksanakan atraksi gerak dan lagu, mereka dengan lincah, trengginas dan terkadang muncul gerakan yang lemah gemulai dengan mengikuti iringan gending-gending tradisional atau  tembang dolanan anak-anak. Ada beberapa tembang dolanan yang mengiringi, diantaranya lagu gundul-gundul pacul, kupu-kupu kuwi, cublak-cublak suweng.

Menurut, Achmadi  Ketua Kwartir Ranting Purwodadi, selain memberi kesempatan kepada anak-anak siaga untuk saling bertemu dan berkompetisi, kegiatan ini juga untuk menanamkan rasa bangga dan memiliki akan budaya bangsa yang begitu banyak, sehingga sejak dini ditanamkan kepada anak-anak untuk ikut melestarikan budaya bangsa ini. Ditambahkan oleh Achmadi, hal ini seiring dengan himbauan dari Pemerintah Daerah Kabubaten Grobogan yaitu melestarikan atau nguri-nguri kebudayaan tradisional dan mensukseskan pembangunan Jawa Tengah pada bidang kepribadian dan kebudayaan.

Barung Putri Merah dan Barung Putra Biru dari pangkalan Gugusdepan SD Negeri 1 Nambuhan tampil sebagai Juara I Pesta Siaga Kwarran Purwodadi. Sehari sebelumnya (Sabtu, 14 Februari 2015) Kwartir Ranting Kecamatan Brati juga menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga bertempat di SD N 1 Kronggen yang dimenangkan oleh Barung Putri Hijau SD N 1 Kronggen  dan Barung Putra Biru dari pangkalan SD N 1 Karangsari masing-masing sebagai Juara I. 

Ka Kwarran Purwodadi menyerahkan tropy kejuaraan

ASAH KEMAMPUAN ANAK MELALUI PESTA SIAGA

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Anak-anak Pramuka Siaga dengan usia 7 s.d 10 tahun memiliki  karakter yang positif yaitu senang bermain, bergerak dan bekerja, senang menyanyi, gemar mendengar cerita,  senang bertanya, ingin tahu, ingin mencoba, spontan, lugu, polos, senang bersenda gurau, dan dengan latihan yang rutin di Perindukan Siaga (Gugusdepan) mereka mempunyai multi kemampuan yang luar biasa.

Pemandangan tersebut terlihat pada Gelaran Pesta Siaga Kwartir Ranting Ngaringan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 7 Februari 2015 di Desa Pendem Kecamatan Ngaringan. Sejumlah 37 Barung Putra dan 37 Barung Putri saling menunjukkan bakat dan kemampuannya pada dewan yuri, di kedai gerak dan lagu masing-masing barung tampil memukau menunjukkan kelincahan melakukan atraksinya, usai di kedai tersebut, pindah di kedai bermain peran. Di tempat ini, para barung mampu bermain, beraaksi menceritakan tentang berbagai cerita yang ada di Kabupaten Grobogan. Ada yang bercerita tentang Kisah  Joko Tarub, asal usul Bledug Kuwu dan cerita-cerita yang lain. Selain di kedua kedai (pos) tersebut, masing-masing barung harus menunjukkan kemampuannya juga di kedai Keagamaan, Peduli Lingkungan, Permainan Bola, Bumbung kemanusiaan, Parade Puisi, Ketrampilan Kepramukaan.

Disampaikan oleh Ketua Kwartir Ranting Ngaringan, Suwardi,  bahwa selain untuk menjaring Barung Berprestasi yang akan mewakili Kwartir Ranting Ngaringan pada Pesta Siaga Kwarcab Grobogan tanggal 1 Maret 2015, kegiatan ini diselenggarakan untuk menggiatkan kegiatan Pramuka di Kwarran Ngaringan, dimana dengan diselenggarakannya kegiatan Pesta Siaga di tingkat ranting,  perwakilan anak siaga dari pangkalan SD/MI se Kwarran Ngaringan dapat merasakan aksi dari latihan rutin mereka di Gugusdepan. Dan hal ini akan menjadi kenang-kenangan bagi anak-anak.

Ditambahkan oleh Suwardi, dengan Pesta Siaga, selain melatih kemampuan peserta didik, akan tertanam mental yang bagus, sehingga diharapkan akan membentuk kepribadian yang baik dan berbudi luhur pada anak selalu tertanam. Dihadapan Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan)/ Kepala Sekolah SD/MI dan para Pembina Pramuka yang hadir pada penutupan kegiatan Pesta Siaga, Suwardi yang juga Kepala UPTD Pendidikan Kec. Ngaringan menghimbau agar dalam latihan dengan peserta didik Pramuka Siaga untuk selalu  didasari dengan jiwa kasih sayang sehingga akan didapatkan karakter yang baik pada peserta didik, dan juga tidak hanya terampil dalam giat Pramuka tapi berprestasi juga pada bidang yang lain.

Barung Biru Putra dari Pangkalan SD Negeri 2 Ngarap-Arap dan Barung Hijau Putri dari SD Negeri 1 Ngarap-Arap tampil sebagai Tergiat I pada kegiatan Pesta Siaga Kwarran Ngaringan.

Peserta pesta siaga unjuk kebolehan di Kedai Parade Geguritan

KWARAN 15 05 TOROH GELAR PESTA SIAGA

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Toroh (01/02/2015). Ratusan anggota pramuka siaga ikuti Pesta Siaga Kwaran Toroh Tahun 2015. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2015 di SMP Negeri 2 Toroh Kecamatan Toroh. Kegiatan yang bertemakan “Siaga Rajin Terampil dan Gembira” ini benar-benar mampu menjadi cermin keceriaan dari para peserta. 68 barung yang berpartisipasi pada kegiatan ini memberi warna coklat muda dan coklat tua.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kamabiran Toroh yang diwakili oleh Drs. Djoko Suprijanto, M.Pd. selaku Wakil Ketua Mabiran. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pesta siaga harus dapat digunakan sebagai wahan untuk memperluas pengetahuan, memperbanyak pengalaman dan ketrampilan, sehingga menumbuhkan semangat juang dan tidak kenal menyerah.  Melalui pesta siaga peserta dididik dan ditempa untuk menjadi pribadi yang unggul dan menjadi teladan di lingkungan sekitar, baik keluarga, sekolah dan masyarakat luas.  

Pada kesempatan lain Ketua Kwaran 15 05 Toroh Hj. Widji Astutik, S.Pd.,M.Pd juga menambahkan bahwa pesta siaga tahun ini diikuti oleh 544 peserta terdiri dari 65 pangkalan SD dan 3 pangkalan MI. Keluar sebagai Juara 1 putri adalah Barung Merah dari SD N 1 Boloh, Juara 2 Barung Hijau dari SD Negeri 2 Depok dan Juara 3 Barung Ungu dari SD Negeri 1 Depok. Juara 1 Putra SD Negeri 2 Boloh, Juara 2 SD Negeri 3 Pilangpayung dan Juara 3 SD Negeri 3 Plosoharjo. Selanjutnya barung tergiat 1 Putra dan Putri akan mewakili Kwaran Toroh di ajang Pesta Siaga tingkat Kwarcab yang akan dilaksanakan pada 1 Maret 2015 mendatang.

Penampilan peserta di kedai Gerak dan Lagu

PESTA SIAGA AJARKAN CINTA LINGKUNGAN

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Sejumlah anggota barung siaga dengan keceriaan dan semangat membawa sejumlah kantong plastik yang penuh dengan sampah yang mereka kumpulkan dari lokasi kegiatan pesta siaga dan mereka tunjukkan kepada ayahanda dewan yuri bahwa mereka telah melaksanakan kegiatan peduli lingkungan yang bersih dan sehat,  setelah itu dibuang di tempat sampah yang telah ditunjuk.

Pemandangan tersebut terlihat pada salah satu kedai (pos) kegiatan Pesta Siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gabus Kwarcab Grobogan pada hari ini Sabtu, 31 Januari 2015. Hal tersebut selaras dengan pesan yang disampaikan oleh Sutrisno, Camat Gabus selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka (Kamabiran) Gabus pada pembukaan Pesta Siaga Kwarran Gabus yang diselenggarakan di Halaman Sanggar Kwarran Gabus. “Pembinaan karakter harus selalu ditanamkan kepada peserta didik, nilai-nilai kepedulian dan mencintai alam sekitar untuk ditumbuhkan sejak dini, di samping itu kegiatan Pesta Siaga dapat mencetak generasi yang unggul dan berprestasi”.

Sebanyak 14 barung putra dan 14 barung putri mengikuti perhelatan yang digelar setahun sekali oleh Kwarran Gabus, barung ini merupakan perwakilan dari masing- masing desa yang ada di wilayah Gabus.

Di samping kedai (pos) bidang peduli lingkungan hidup, ada berbagai kedai di dalam kegiatan Pesta Siaga Gabus, diantaranya adalah Kedai Keagamaan, Toleransi Beragama, Pengetahuan Umum dan Kepramukaan, Gerak dan Lagu, Parade Puisi Jawa, Yel Barung, Bermain Peran dan kedai lainnya. Masing-masing barung saling menunjukkan kemampuannya di kedai-kedai yang tersedia.

Sementara itu, menurut Prawoto, Ketua Kwartir Ranting Gabus pada upacara penutupan menyampaikan bahwa kegiatan Pesta Siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gabus selain sebagai pertemuan yang menyenangkan dan mendidik bagi Pramuka Golongan Siaga, kegiatan ini adalah sebagai seleksi untuk barung berprestasi yang akan mewakili Kwarran Gabus di kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwarcab Grobogan tanggal 1 Maret 2015 di Purwodadi. Barung Biru Putra dari SD Negeri 2 Tunggul  dan Barung Merah Putri SD Negeri 4 Tunggul tampil sebagai Juara I Pesta Siaga Kwarran Gabus Tahun 2015. 

para peserta pesta siaga Kwaran Gabus mengumpulkan sampah di kedai peduli lingkungan

PRAMUKA BANTU PENANGANAN PASCA KEBAKARAN

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Grobogan (27/1). Puluhan pramuka menggelar aksi penanganan pasca kebakaran di Desa Boloh. Si jago merah yang mengamuk pada Selasa dinihari 27 Januari 2015 telah melalap 4 rumah tersebut menyebabkan kerugian ratusan juta. Rumah Bapak Susilo (48) yang beralamat di RT 02 RW 03 Desa Boloh Kecamatan Toroh terbakar lantaran obat nyamuk bakar.

Pada kesempatan tersebut Kwarcab Grobogan dibawah komando langsung H. Sarwiyanto, S.Ag selaku Sekretaris Cabang menurunkan 32 pramuka peduli untuk membantu membersihkan puing-puing kebakaran.  Disampaikan oleh Sarwiyanto bahwa pramuka peduli Kwarcab Grobogan menugaskan Tim Reaksi Cepat dan Kwaran Toroh untuk segera turun ke lokasi.

“Meski kami tidak bisa membantu memadamkan api saat kebakaran berlangsung, tetapi dengan adanya peran pramuka pada penanganan pasca kebakaran ini mampu memberikan pendidikan kepada generasi muda betapa pentingnya rasa kepedulian terhadap sesama”. Tandasnya didampingi Hariyanto, SPd selaku Sekretaris Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan.

 

Menurut keterangan warga setempat, bahwa penyebab kebakaran tersebut diketahui adalah obat nyamuk bakar yang berasal dari kamar tempat tidur. Aksi yang digelar pramuka peduli merupakan wujud nyata akan kecintaan pramuka terhadap masyarakat. Bahwa pramuka harus selalu ada dan siap membantu saat dibutuhkan oleh masyarakat. Itulah nilai-nilai yang ada di kepramukaan  yang selalu ditanamkan sejak dini.

Anggota pramuka peduli sedang membersihkan puing bekas kebakaran 

 

 

 

 

 

 

KWARAN TOROH LANTIK PENGURUS GUDEP BARU

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

 

 

 

Toroh (22/11/2014). Suasana hening dan khidmad menyelimuti seluruh pembina dan anggota pramuka di pangkalan MA Shofa Marwa Plosoharjo. Pasalnya selama 3 (tiga) tahun berdiri sebagai Madrasah Aliyah, baru tahun ketiga ini terwujud harapan bagi para pembina untuk dilantik dan dikukuhkan sebagai Gugus Depan baru di lingkungan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Toroh dalam sebuah upacara pelantikan dan pengukuhan gugus depan.

Acara yang dihelat pada Sabtu, 22 November 2014 ini merupakan momentum yang telah dinanti-nanti oleh jajaran pramuka di Gugus Depan MA Shofa Marwa yang beralamat di Desa Plosoharjo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Setelah melewatu masa Gugus Depan Persiapan akhirnya secara resmi Kwaran Toroh memberikan nomor Gugus Depan 05-175 dan 05-176 untuk MA Shofa Marwa Plosoharjo.

 

Pengucapan Ikrar Pelantikan oleh Pengurus Mabigus dan Gudep MA Shofa Marwa (Dok. Humas Kwaran Toroh)

 

CETAK PEMBINA PRAMUKA KML, KWARCAB GROBOGAN KEJAR KUALITAS

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Grobogan (8/10/2014). Ada yang berbeda dari pelaksanaan Kursus Pembina Mahir tingkat lanjutan (KML) yang diselenggarakan oleh Kwarcab Grobogan pada 3-8 November 2014 lalu di Kwaran Brati. Puluhan peserta berpakaian pramuka sesuai dengan golongan siaga dan penggalang. 

Pada kesempatan tersebut Icek Baskoro, selaku Ketua Kwarcab Grobogan yang hadir secara langsung untuk membuka kegiatan menyampaikan bahwa disetiap Kursus semua peserta tentu berharap agar lulus. Tetapi yang harus diperhatikan oleh peserta adalah ilmu yang harus didapat selama mengikuti kursus harus dapat diaplikasikan pada peserta didik. Anggota pramuka yang banyak merupakan wujud bahwa Gerakan Pramuka sudah dikenal oleh masyarakat. Tetapi saatnya pramuka berfikir untuk meningkatkan kualitas diri, menebalkan iman dan taqwa agar mampu mengajarkan peserta didik dengan benar, sehingga terwujud warga negara yang mumpuni, jauh dari korupsi.

Para peserta KML mengikuti Outbond sebagai cara menanamkan kebersamaan pada peserta didik

Ditambahkan pula oleh Suprodjo selaku Kepala Pusdiklatcab bahwa Kegiatan KML di Kwaran Brati diikuti sebanyak 61 peserta terdiri dari 27 peserta KML golongan siaga  dan 34 peserta golongan penggalang. Selama 6 hari peserta dilatih hidup di alam bebas, berada didalam tenda dan menghayati materi yang diberikan oleh pelatih. Mereka juga dilatih untuk membangun kebersamaan melalui berbagai tugas,outbond maupun kegiatan yang lain selama kursus. Tandasnya.  

KWARCAB GROBOGAN KADER 123 PEMBINA BARU MELALUI KMD

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Grobogan (02/11/2014). Bertempat di SMP Negeri 2 Toroh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, sebanyak 123 pembina mengikuti Kursus Pembina Mahir tingkat Dasar (KMD). Kegiatan yang digelar selama 5 hari mulai 29 Oktober 2014-2 November 2014 ini adalah kerjasama antara Kwarcab 11.15 Grobogan dengan Forum MKKS Rayon 3 Kabupaten Grobogan. Peserta merupakan utusan dari pangkalan / gugus depan SMP/MTs di wilayah Kabupaten Grobogan. 

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan yang diwakili oleh Sekretaris Cabang H. Sarwiyanto, S.Ag. Dalam sambutannya Sarwiyanto menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka telah mendapatkan amanah dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi generasi muda. Dalam hal ini Pembina di gugus depan merupakan ujung tombak kepanduan yang akan menentukan keberhasilan pendidikan terhadap kaum muda tersebut. Kepercayaan yang telah diberikan merupakan tantangan yang harus dijawab dan dibuktikan dengan tindakan karya nyata.

 

Kak Budiyono,M.Pd. Pelatih Pusdiklatcab Kalacakra memberikan materi penerapan ekstrakurikuler pramuka di sekolah

KWARCAB GROBOGAN TERJUNKAN PRAMUKA BANTU KORBAN PUTING BELIUNG

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Penawangan (04/11/2014). Puluhan pramuka diturunkan guna membantu warga Dusun Gending Desa Karangpahing Kecamatan Penawangan yang ditimpa musibah angin puting beliung yang terjadi Senin sore (03/11/2014). Ratusan rumah warga porak poranda, beberapa roboh, pepohonan tumbang menimpa rumah warga.

Setelah menerima informasi bencana tersebut, kami tugaskan tim reaksi cepat untuk melihat lokasi bencana, apa yang dapat diberikan oleh pramuka sebagai wujud kepedulian kepada sesama. Bantuan sekecil apapun, meski hanya mengumpulkan serpihan genting sangat bermakna untuk menunjukkan kepedulian tersebut pesan Ka Kwarcab H. Icek Baskoro, SH.,MH yang disampaikan oleh H. Sarwiyanto, S.Ag dalam apel kesiapan pramuka peduli.

Anggota Pramuka Peduli Kwarcab 11 15 Grobogan bantu warga membersihkan reruntuhan pohon yang menimpa bangunan rumah. (Dok. Humas Kwarcab)

PRAMUKA BUKAN KEJAR KUANTITAS, TETAPI KEJAR KUALITAS

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Purwodadi (9/10/2014). Ratusan pramuka berbaris dengan khidmat menantikan detik-detik pembukaan Lomba Cepat Tepat Pramuka yang dihelat oleh Kwarcab 11 15 Grobogan pada Minggu, 9 November 2014 di SMP Negeri 1 Purwodadi-Grobogan.

Sebanyak 342 peserta terdiri dari 114 pramuka golongan siaga, 114 pramuka golongan penggalang, dan 114 pramuka golongan penegak utusan dari 19 Kwaran se Kabupaten Grobogan tampak sangat antusias dan bersemangat. Bahkan ada beberapa kontingen yang sengaja membawa suporter untuk memberikan semangat kontingennya masing-masing.

Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Kwarcab Sarwiyanto menyampaikan bahwa melalui Lomba Cepat Tepat Pramuka merupakan salah satu indikator bahwa pramuka tidak hanya mengejar kuantitas saja, bahkan harus mampu membentuk manusia yang berkualitas tinggi, berbudi pekerti, jujur dalam segala hal, percaya diri didepan orang banyak dan memiliki kedisiplinan yang kuat. Kita bangga bahwa anggota kita banyak, namun kita akan menjadi lebih bangga tatkala anggota yang banyak itu ternyata memiliki kualitas SDM yang tangguh. Tandasnya kepada segenap hadirin.

Penyerahan Trophy kejuaraan oleh Ka Kwarcab yang diwakili

oleh Sekcab Kak Sarwiyanto

 

PRAMUKA BANTU WARGA PASCA PUTING BELIUNG di SAMBUNG GODONG

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Grobogan (15/11/2014). Cuaca ekstrim di bulan Oktober-Desember memang harus diwaspadai oleh warga Grobogan. Sebagaimana telah terjadi pada Kamis sore, 14 November 2014 di Desa Sambung Kecamatan Godong puluhan rumah diterjang angin puting beliung.  Respon cepatpun dilakukan oleh anggota pramuka Kwarcab 11 15 Grobogan. Setelah melakukan survei lokasi daerah yang terkena puting beliung, puluhan anggota pramuka dikerahkan demi membantu warga yang mengalami bencana.

Bersama warga Pramuka bahu membahu membantu korban puting beliung. Sumber : Dok. Humas Kwarcab

GELAR LCT PRAMUKA TK. KWARAN, TAWANGHARJO BERSIAP MENUJU LCTP TK. KWARCAB

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Tawangharjo (26/10/2014). Menyambut diselenggarakannya kegiatan Lomba Cepat Tepat Pramuka tingkat Kwarcab pada tanggal 9 November 2014 mendatang, Kwaran Tawangharjo bersiap kirim Kontingen dengan mengadakan Seleksi kegiatan serupa ditingkat Kwaran. Kegiatan yang diikuti sebanyak 35 pangkalan SD/MI untuk golongan siaga, 8 pangkalan SMP/MTs untuk golongan penggalang dan 4 pangkalan golongan penegak dibuka oleh Ketua Kwartir Ranting Kak Mudjiono. 

Kak Mudjiono Ketua Kwaran Tawangharjo, sedang memberikan

sambutan dan pengarahan kepada peserta LCTP

GELAR LOMBA TINGKAT 1 DI SMP N 2 TOROH

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Toroh (17/10/2014). Bertempat di halaman SMP Negeri 2 Toroh Kecamatan Toroh ratusan anggota pramuka penggalang mengikuti kegiatan Lomba Tingkat I regu Penggalang. Kegiatan yang dihelat mulai Jumat 17 Oktober 2014 dan berakhir Minggu 19 Oktober 2014 ini bertajuk "JADILAH PRAMUKA PENGGALANG YANG TANGGAP, TANGGUH, DAN TRENGGINAS".

Dalam sambutan pembukaan upacara yang disampaikan oleh Kak Agus Prasetyo selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan ditegaskan bahwa Gerakan Pramuka adalah solusi terbaik baik anak muda. Oleh karena itu, dengan digelarnya LT 1 bagi peserta didik kelas VII dan VIII diharapkan, pramuka mampu menjadi wadah prestasi bagi siswa-siswi SMP N 2 Toroh. Selain itu disampaikan pula oleh Kak Agus bahwa Gerakan Pramuka sebagai kegiatan Ekstrakurikuler Wajib di SMP N 2 Toroh harus semakin baik, mengingat sistem latihan yang diterapkan adalah sistem Blok dan tentunya pada akhir semester akan mendapatkan penilaian secara khusus.

KURSUS MAHIR DASAR CETAK PEMBINA BERKUALITAS

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Sebanyak 108 Pembina Pramuka dari berbagai pangkalan Gugusdepan SD, SMP sederajat di Wilayah Kwarran Ngaringan dan sekitarnya, sejak tanggal 18 s.d 22 Oktober 2014 menempa diri dengan mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (Kursus Mahir Dasar/KMD) yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklatcab) Kwarcab 11 15 Grobogan berlangsung di SMP N 1 Ngaringan.

Selama 5 (lima) hari para pembina Pramuka mendapatkan pembekalan dari para pelatih berupa sejarah dan pendidikan kepramukaan, pemahaman Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Disampaikan oleh Kapusdiklat Kwarcab Grobogan, Suprojo bahwa KMD bertujuan untuk mencetak kader pembina Pramuka yang berkualitas. Dengan adanya KMD diharapkan jumlah  Pembina Pramuka bertambah dan  pembinaan peserta didik yang berkualitas dapat dicapai. Dengan dibekali Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan para pembina Pramuka bisa memahami kebutuhan peserta didik anggota pramuka yang disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Ditambahkan oleh Suprojo bahwa selama kursus para peserta juga dilatih bagaimana melakukan komunikasi dan bergaul dengan peserta didik, dan teknik menyelenggarakan kegiatan yang menarik yang mengandung unsur pendidikan. Sebagai teladan bagi peserta didik, para pembina diwajibkan mengerti tentang penggunaan seragam pramuka yang benar sesuai ketentuan.

SAMBUT TAHUN 2015, PRAMUKA KWARAN TOROH GELAR RAPAT KERJA

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Toroh (21/10/2014). Bertempat di Aula UPTD Pendidikan Toroh di gelar Rapat Kerja Ranting (RAKERAN) Kwaran 15 05 Toroh. Acara yang dihelat pada Selasa, 21 Oktober 2014 tersebut dihadiri oleh 100 pembina pramuka dari unsur SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK di Kecamatan Toroh.

PRAMUKA KWARAN TOROH BANTU WARGA KEKERINGAN

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Toroh (13/10/2014). Panasnya musim kemarau berakibat langkanya air di berbagai wilayah terutama di Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Jauhnya akses terhadap sumber mata air dan lamanya musim kemarau menyebabkan warga masyarakat banyak mengalami kesulitan terhadap air. Kwaran Toroh melalui kegiatan Pramuka Peduli menyalurkan bantuan air bersih kepada warga masyarakat Dusun Kaluwan Desa Boloh Kecamatan Toroh. Bersama anggota pramuka penegak MA Shofa Marwa Plosoharjo Kecamatan Toroh, pengurus Kwaran Toroh bahu membahu mendistribusikan bantuan air kepada masyarakat Dusun Kaluwan.

MATERI RUJUKAN LCTP 2014

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Kakak-kakak, dengan terbitnya berbagai regulasi baru terkait dengan Gerakan Pramuka, maka materi untuk pelaksanaan LCTP 2014 juga disesuaikan dengan berbagai regulasi tersebut. Antara lain dengan adanya AD-ART hasil MUNAS 2013, PP seragam Pramuka, PP tentang SKU SGT dan berbagai regulasi yang lain, berikut kami posting sebagian kecil dari PP/SK tersebut sebagai salah satu rujukan materi LCTP 2014. silahkan di Download. KLIK DIISINI

PRAMUKA BANTU AIR BERSIH WARGA

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Bertempat di Desa Bendoharjo Kec. Gabus dan Desa Jetaksari Kec. Pulokulon, Pramuka Peduli Kwartir Cabang 11 15 Grobogan pada hari Minggu 28 September 2014 melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa droping air bersih secara gratis. Bantuan air bersih ini disalurkan untuk tempat ibadah (masjid dan mushola) dan kepada warga masyarakat di wilayah tersebut yang membutuhkan. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Grobogan,  dan kedua desa tersebut masing-masing dibantu 3 tangki.

Disampaikan oleh Ketua Kwartir Cabang 11 15 Grobogan, H. Icek Baskoro, SH  melalui Ketua Pelaksana Pramuka Peduli, Surono, S.Pd bahwa kegiatan Pramuka Peduli  Droping air bersih sebagai bentuk kepedulian anggota Pramuka  terhadap sesama yang diwujudkan kepada anggota masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih dimusim kemarau.

Ditambahkan oleh Surono, bahwa apa yang dilakukan oleh Pramuka Kwarcab Grobogan memang belum seberapa, namun diharapkan dari aksi ini bisa sedikit membantu warga masyarakat yang membutuhkan air bersih.  Di samping itu sebagai wadah mengembangkan potensi anggota Pramuka untuk menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial dalam diri anggota Gerakan Pramuka agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur, memahami kondisi lingkungan dan masyarakat.


 

 

ADMINISTRASI DAN KEGIATAN KWARAN KLAMBU DINILAI KWARCAB

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Klambu,(23/9/14), Penilaian Pramuka Adm Kwarran & Gugus Depan – Pramuka kini menjadi nuansa baru di dunia pendidikan. Terbukti dari diberlakukannya pramuka sebagai ekskul wajib, Kwarran dan Gudep hal ini mendorong perlu diadakannya penilaian Gugus Depan bagi setiap sekolah untuk mengetahui kualitas dan keaktifan pramuka sebagai pendidik bagi siswa/i disekolah. Dengan adanya penilain tersebut membangkitkan semangat Kwarran dan Gudep untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengelolaan administrasi.

ADMINISTRASI DAN KEGIATAN KWARAN BRATI DINILAI OLEH KWARCAB

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Brati,Selasa 23 September Kwarran 11.15.02 Brati mengikuti Lomba Administrasi Kwarran yang bertempat di sanggar Kwarran brati. Kak Djoko Muljono,S.Pd.MM selaku Ka kwarran beserta dengan Pengurus Kwarran Brati menyambut kedatangan Tim Penilai dari Kwarcab yang dipimpin oleh kak Suprapto,S.Pd.Dalam sambutanya Ka Kwaran Brati menyampaikan bahwa Kwarran Brati pernah menjadi juara 1 tahun 2012 juara harapan 1 tahun 2013 semoga di tahun 2014 ini ada peningkatan.

Ditambahkan pula oleh Ka Kwaran, agar Tim penilai melaksanakan tugasnya sebaik-baiknya dan menilai dengan apa adanya (sesuai dengan keadaan yang sebenarnya). Di Brati sekarang sudah ada DKR (Dewan kerja Ranting) yang anggotanya dari SMK PGRI Brati,SMK Wiratama Brati,MA jangkung semoga Kegiatan Pramuka di kwarran brati dapat berjalan secara optimal.Kwarran 11.15.02 Brati sudah mengadakan MUSRAN tetapi belum dilantik. Kegiatan KML (Kursus Mahir Lanjutan )dibrati akan dilaksanakan pada tanggal 3 November 2014.
Ketua Tim penilai kak Suprapto,S.Pd mengucapkan terima kasih kepada ka kwarran Brati beserta dengan pengurus Kwaran brati atas sambutanya. Penilaian dilakukan berdasarkan bidang diantaranya : bidang Binamuda,binawasa,Orgakum,Kusarpra,abdimas humasdan DKR.(Humas Kwaran Brati)


 

 

 

KWARCAB GROBOGAN TERIMA PENGHARGAAN BIDANG ABDIMAS HUMAS

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Kwartir Cabang  11 15 Grobogan memperoleh penghargaan bidang Abdimas Humas (Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat)  dari Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah dengan menduduki peringkat tergiat III (tiga), adapun peringkat I dan II diraih oleh Kwartir Cabang Kabupaten Tegal dan Kwartir Cabang Banyumas.

Wakil Bupati Grobogan menerima tunggul tergiat III Bidang Abdimas Humas

dari Kwarda Jawa Tengah

Ucapan selamat dari Kak Prof. Dr.Ir. Slamet Budi Prayitno, M.Sc

Ka Kwarda Jawa Tengah kepada Wakil Bupati Grobogan

H. Icek Baskoro, S.H.,MH.

KWARCAB GROBOGAN SAMBUT ETK DARI KWARCAB BLORA DAN DEMAK

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Ngaringan (23/08/2014). Ribuan anggota pramuka tumpah ruah di sepanjang jalan raya Purwodadi-Blora. Tepatnya di Tugu Sate, Kwarcab Grobogan berkesempatan menerima ETK dari Kwarcab Blora pada pukul 15.20 WIB. Upacara timbang terima Estafet Tunas Kelapa dilaksanakan oleh Ka Mabicab Blora yang diwakili oleh Dandim Blora Letkol (Inf). A. Muttaqin dan Kak H. Icek Baskoro, S.H,M.H  Wakil Bupati Grobogan selaku Waka Mabicab. Acara berlangsung khidmat dan meriah, karena tidak hanya anggota pramuka namun masyarakat umum. Tema Estafet Tunas Kelapa tahun ini adalah Mantapkan pembentukan karakter generasi muda melalui ETK.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Estafet Tunas Kelapa oleh Ka Mabicab Blora (Letkol (Inf) A. Muttaqin dan Ka Mabicab Grobogan (H. Icek Baskoro, SH,MH) disaksikan Yuri Kwarda Jawa Tengah (Kak Sigit Djoko Sutomo)

PENTALOKA KML KWARCAB GROBOGAN TOLOK UKUR KUALITAS PEMBINA

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Bertempat di Gedung Riptaloka Kabupaten Grobogan, 23 Agustus 2014, ratusan pembina pramuka Kwarcab Grobogan mengikuti Penataran dan Lokakarya (PENTAL OKA). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan Icek Baskoro diikuti para pembina yang telah mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML) yang diselenggarakan oleh Kwarcab 11 15 Grobogan di Kwaran Pulokulon dan Kwaran Grobogan.

 

Pengukuhan Pembina Mahir oleh Ka Kwarcab Kak Icek Baskoro

Dalam sambutannya, Ka Kwarcab menyampaikan bahwa pembina pramuka harus selalu meningkatkan kualitasnya, karena kebutuhan pembina yang berkualitas adalah kebutuhan yang sangat mendesak. Ditegaskan pula oleh Ka Kwarcab bahwa Pembina harus benar-benar memiliki jiwa teladan, tidak hanya mampu tetapi juga mempunyai semangat juang yang tinggi, agar pembinaan terhadap anggota pramuka yang sebagian besar adalah peserta didik di sekolah dapat diberikan jaminan kualitas. Pembina selaku ujung tombak di Gugus Depan harus mampu berinovasi agar sistem pembinaan di gudep menjadi efektif, berhasil dan benar-benar dapat diandalkan, sebagaimana visi Gerakan Pramuka bahwa “Gerakan Pramuka menjadi pilihan utama bagi pembentukan kaum muda”. Konsekuensi dari diberlakukannya Kurikulum 2013 yang didalamnya memuat Pramuka sebagai Ekstrakurikuler Wajib salah satunya menuntut Pramuka untuk menyiapkan pembina-pembina yang berkualitas. Masyarakat perlu diberi jaminan akan kualitas pendidikan pramuka.

 

SAMBUTAN KA KWARNAS DALAM HARI PRAMUKA KE 53 TAHUN 2014

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Kakak-kakak, berikut kami sampaikan Sambutan Ka Kwarnas dalam rangka Hari Pramuka ke 53 tahun 2014, dapat diunduh dan disebarluaskan...terima kasih...SALAM PRAMUKA, SATU PRAMUKA SATU INDONESIA

DOWNLOAD

CONTOH RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) KML

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Kakak-kakak, setiap akhir kegiatan KML atau kegiatan kursus yang lain, kita harus menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) sebagai langkah awal bagaimana kita akan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah kita peroleh selama kursus.

Tentunya dalam menyusun RTL ini, kakak-kakak harus memadukan antara konsep materi kursus dengan kondisi di Gugus Depan. Dan tentunya RTL ini disusun se ideal mungkin dengan mengakomodir potensi gugus depan kita. Hal ini tentunya akan menjadi tolok ukur sejauh mana keberhasilan peserta kursus dalam mengikuti kursus dan mengimplementasikannya.

http://www.kwarcab1115grobogan.org/images/DSC03030.JPG

Sehingga RTL yang disusun ini nantinya tidak hanya berhenti menjadi "hitam di atas putih" tetapi dapat menjadi planing yang dapat di action kan sekongkret mungkin di tingkat gugus depan. Berikut ini admin akan menampilkan contoh RTL yang berasal dari beberapa sumber. Meskipun contoh ini masih jauh dari ideal, kakak-kakak tentu dapat menyusun lebih baik lagi. Silahkan diunduh di SINI.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu. DOWNLOAD CONTOH RTL

JUKLAK HUT GERAKAN PRAMUKA KE 53

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Kakak-kakak yang kami hormati, berikut kami sampaikan Juklak HUT Gerakan pramuka ke 53, dapat diunduh DISINI , untuk sambutan pembina upacara, masih menunggu edaran resmi dari Kwarda / Kwarnas. Terima kasih

AD ART DAN RENSTRA GP 2014-2018

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Berikut ini kami postingkan AD - ART dan Renstra GP 2014-2018 pramuka hasil Munas 2013 di Kupang. Download DISINI

KARYA BAKTI LEBARAN PRAMUKA PEDULI KWARCAB 11 15 GROBOGAN

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Bertempat di Halaman Sanggar Bakti Kwarcab 11 15 Grobogan pada Hari Rabu, 23 Juli 2014 Sekretaris Kwarcab Grobogan, H. Sarwijanto, S.Ag memimpin apel kesiapan Pramuka Peduli Kwarcab 11 15 Grobogan dalam kegiatan Karya Bakti Lebaran Tahun 2014. Sedikitnya 40 orang anggota Pramuka Peduli Kwarcab 11 15 Grobogan secara bergilir akan diterjunkan dalam kegiatan bakti masyarakat di Pos Pelayanan Lebaran Tahun 2014 yang berada di Terminal Purwodadi, Pasar Purwodadi dan Bundaran Getasrejo.

Apel Pramuka Peduli menjelang Karya Bakti Lebaran Tahun 2014/ 1435 H

Pemakaian Rompi Pramuka Peduli secara simbolis menandai dimulainya Karyabakti lebaran

Anggota Pramuka Peduli membantu POLRI di Pertigaan Pasar Purwodadi

KWARCAB GROBOGAN SELENGGARAKAN PELATIHAN KEHUMASAN

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita

Grobogan – 60 orang pramuka penegak dan pramuka pandega kwarcab 11 15 Grobogan mengikuti kegiatan pelatihan kehumasan yang diselenggarakan oleh kwarcab Grobogan, sabtu (21/6) di sanggar bhakti kwarcab Grobogan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk saling bertukar informasi tentang hubungan masyarakat (humas) yang dibuka oleh kak H. Icek Baskoro, S.H., M.H.

Kak Icek Baskoro, S.H., M.H. membuka secara resmi Pelatihan Kehumasan