Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Jambore Cabang X Tahun 2018

  • Foto bersama usai Pemberangkatan ETK di Gubug

  • Ka Kwarcab Kak Agus Siswanto bersama Jajaran Mabiran dan Kepala SMA dalam KOS 2018

  • Serah Terima ETK di Kota Semarang

  • Pengiriman Kontingen Jamda SD/MI Tahun 2018 di Purbalingga.

  • Wisata Pramuka Siaga Tahun 2018

Pencarian

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website Kwarcab Grobogan?

Baik - 75%
Sedang - 25%
Jelek - 0%

Total votes: 4
The voting for this poll has ended on: 29 Mei 2013 - 06:25

KWARCAB GROBOGAN LAKSANAKAN UJI SERENTAK PRAMUKA GARUDA DI 6 EKS KAWEDANAN

Purwodadi (5 Maret 2020). Sesuai dengan target yang dicanangkan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah untuk mencapai 50.000 pramuka garuda. Kwarcab Grobogan mengawali kegiatan di awal tahun 2020 dengan melaksanakan uji pramuka garuda gologan siaga secara serentak di 6 Eks Kawedanan. Sesuai hasil Rakercab dan penyusunan target strategis pramuka garuda, bahwa pada tahun 2020 ini Grobogan memiliki target 1000 pramuka garuda. Meliputi golongan siaga 600 anak, penggalang 250 anak dan penegak 150 anak.

Pengukuhan Pramuka Garuda di Kwaran Brati

 

Untuk tahap 1 telah tercapai 700 anak yang lulus dalam penilaian pramuka garuda golongan siaga. Jumlah ini melebih target karena dari masing-masing Kwartir Ranting semakin bertambah peminatnya. Hal ini tentu diharapkan berbanding lurus dengan penguatan karakter peserta didik di gugus depan melalui gerakan pramuka. Sebagaimana diketahui bahwa untuk mencapai kecakapan tertinggi bagi anggota pramuka ditiap jenjang ini diperlukan sejumlah persyaratan yang cukup banyak. Ungkap Kak Suyitno, S.Pd. Ketua Bidang Binamuda Kwarcab Grobogan yang sekaligus sebagai Ketua Tim Penilai Pramuka Garuda.

Pengukuhan Pramuka Garuda di Kwaran Kradenan

 

Peningkatan jumlah peminat pramuka garuda tidak lepas dari peran para pembina gugus depan yang tentu mempersiapkan anak-anak dari jauh hari, sejak uji SKU, SKK bahkan sampai dengan penyusunan portofolionya. Ini membutuhkan waktu yang cukup lama, tidak hanya hitungan bulan tetapi setidaknya 4-5 tahun. Mengingat peserta didik golongan siaga ini dapat mencapai pramuka garuda jika sudah mencapai SKU Siaga Tata.

Penilaian pramuka garuda dilaksanakan berjenjang dari gugus depan oleh para pembina, kemudian orang tua masing-masing peserta didik, dan unsur kwartir. Adapun materi penilaian mulai dari penilaian portofolio, kecakapan komputer dan hasta karya sampai dengan wawancara.

Hasil penilaian langsung disampaikan kepada semua peserta didik. Bagi yang lulus dilanjutkan dengan proses pengukuhan oleh Ketua Kwarcab yang diwakili oleh Wakil Ketua Kwarcab atau Ketua Bidang di Kwarcab Grobogan.

TOP
Hak Cipta © 2020 Kwarcab Grobogan 11.15 Grobogan. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.