Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Jambore Cabang X Tahun 2018

  • Foto bersama usai Pemberangkatan ETK di Gubug

  • Ka Kwarcab Kak Agus Siswanto bersama Jajaran Mabiran dan Kepala SMA dalam KOS 2018

  • Serah Terima ETK di Kota Semarang

  • Pengiriman Kontingen Jamda SD/MI Tahun 2018 di Purbalingga.

  • Wisata Pramuka Siaga Tahun 2018

Pencarian

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website Kwarcab Grobogan?

Baik - 75%
Sedang - 25%
Jelek - 0%

Total votes: 4
The voting for this poll has ended on: 29 Mei 2013 - 06:25

KURSUS MAHIR DASAR CETAK PEMBINA BERKUALITAS

Sebanyak 108 Pembina Pramuka dari berbagai pangkalan Gugusdepan SD, SMP sederajat di Wilayah Kwarran Ngaringan dan sekitarnya, sejak tanggal 18 s.d 22 Oktober 2014 menempa diri dengan mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (Kursus Mahir Dasar/KMD) yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklatcab) Kwarcab 11 15 Grobogan berlangsung di SMP N 1 Ngaringan.

Selama 5 (lima) hari para pembina Pramuka mendapatkan pembekalan dari para pelatih berupa sejarah dan pendidikan kepramukaan, pemahaman Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Disampaikan oleh Kapusdiklat Kwarcab Grobogan, Suprojo bahwa KMD bertujuan untuk mencetak kader pembina Pramuka yang berkualitas. Dengan adanya KMD diharapkan jumlah  Pembina Pramuka bertambah dan  pembinaan peserta didik yang berkualitas dapat dicapai. Dengan dibekali Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan para pembina Pramuka bisa memahami kebutuhan peserta didik anggota pramuka yang disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Ditambahkan oleh Suprojo bahwa selama kursus para peserta juga dilatih bagaimana melakukan komunikasi dan bergaul dengan peserta didik, dan teknik menyelenggarakan kegiatan yang menarik yang mengandung unsur pendidikan. Sebagai teladan bagi peserta didik, para pembina diwajibkan mengerti tentang penggunaan seragam pramuka yang benar sesuai ketentuan.

 

Sementara itu, Ketua Kwarcab Grobogan, Icek Baskoro sebagai pembina upacara pembukaan KMD yang dilaksanakan Sabtu, 18 Oktober 2014 berpesan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan dengan baik. Jadilah pembina yang terampil, ajari peserta didik sesuai kurikulum, niatkan mengikuti kegiatan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang bisa ditransfer kepada peserta didik, sehingga di kursus ini tidak sekedar untuk mendapatkan ijazah.. Namun ada tujuan yang mulia yaitu menjadi pembina pramuka yang baik yang selalu berusaha mengantarkan peserta didiknya menjadi generasi penerus yang berkarakter.

 

Icek Baskoro juga mengingatkan kepada para pembina, di samping memberikan materi ketrampilan dan pengetahuan kepada peserta didik, para pembina pramuka diharapkan selalu menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan semangat juang sehingga tujuan Gerakan Pramuka sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang – Undang Gerakan Pramuka dapat terlaksana.

Kak Icek Baskoro, SH.,MH menyerahkan tunggul pelatihan kepada Pimpinan Kursus

Kak Prawoto, S.Pd

TOP
Hak Cipta © 2019 Kwarcab Grobogan 11.15 Grobogan. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.