Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Pesta Siaga Kwarcab Grobogan Tahun 2016

  • Pentas Tari Payung dalam rangka HUT Gerakan Pramuka ke 52

  • Jajaran Ka Kwaran dan Ka Kwarcab Grobogan pada Pesta Siaga 2015

  • Pemotongan Tumpeng dalam rangka Hari Pramuka ke 52

  • Peringatan Hari Pramuka.

  • Ka Kwarcab bersama Peserta GWCAB

Pencarian

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website Kwarcab Grobogan?

Baik - 75%
Sedang - 25%
Jelek - 0%

Total votes: 4
The voting for this poll has ended on: 29 Mei 2013 - 06:25

TANAMANKAN KEPEDULIAN SESAMA SEJAK ANAK-ANAK

3 (Tiga) Kwartir Ranting Gelar Pesta Siaga Bersamaan

Pramuka siaga adalah anak usia 7 tahun sampai dengan 10 tahun merupakan kehidupan masa kecil yang indah dan menyenangkan. Anak-anak seusia ini memiliki sifat unik dan beragam yang pada dasarnya merupakan pribadi yang aktif dan tidak pernah diam. Mereka senang dengan lingkungan sekitarnya dan pada umumnya sangat kreatif.

Kedai bumbung kemanusiaan tumbuhkan kepedulian sejak dini

Pada saat itu orang tua mulai melihat penampilan dan kepribadian putranya yang membuatnya harus memberikan perhatian yang lebih untuk perkembangannya. Karakter yang positif yang dimiliki dari anak-anak siaga adalah senang bermain, bergerak dan bekerja, senang menyanyi, gemar mendengar cerita,  senang bertanya, ingin tahu, ingin mencoba, spontan, lugu, polos, senang bersenda gurau.

Bertempat di SD N 2 Belor Kec. Ngaringan, pada Hari Minggu 9 Februari 2014, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Ngaringan menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga. Kegiatan yang berlangsung selama 1 hari itu diikuti oleh 37 barung putra dan 37 barung putri dari utusan SD/MI se Kwartir Ranting Ngaringan.

Menurut Ka Kwarran Ngaringan, Suwardi, M.Pd bahwa tujuan pesta siaga ini adalah untuk meningkatkan kualitas peserta didik, khususnya pramuka siaga, dengan kegiatan Pesta Siaga dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi, cinta lingkungan, disiplin dan bertanggungjawab serta dapat mempererat tali persahabatan sesama Pramuka Siaga, di samping itu kegiatan ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan, memperbanyak pengalaman dan ketrampilan sehingga menumbuhkan semangat patiotisme dan tidak kenal menyerah, hal ini selaras dengan Dwi Darma Pramuka yaitu Pramuka Siaga itu berani dan tidak putus asa.

Ditambahkan oleh Suwardi, kegiatan pesta siaga ini dapat menempa diri  guna mengembangkan intelektual, mental, moral, spiritual dan emosional, sosial dan fisik. Dengan demikian kelak pada masanya kalian mampu menjadi kader pembanguan yang cerdas, berkualitas, berwawasan iptek serta berkepribadian Indonesia sehingga berguna bagi nusa dan bangsa.

Untuk mengasah kemampuan peserta pesta siaga, dengan sistem kedai (pos) para peserta menunjukkan kebolehannya, ada kedai kecerdasan, kedai bermain peran, parade puisi dan kedai kepribadian. Ada satu hal yang menarik di dalam pesta siaga, dalam satu kedai (pos), para peserta diajari bagaimana mereka ditanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap sesama, para peserta dengan sukarela memasukkan uang ke dalam bumbung kemanusiaan yang mana hasil dari bumbung kemanusiaan ini akan digunakan untuk kegiatan sosial.

Tampil sebagai tergiat I Barung putra adalah  SDN 5 Sumberagung dan tergiat I barung putri dari SDN 2 Ngarap-arap. Kegiatan Pesta Siaga Ranting Ngaringan di tutup oleh Ka Kwarran Ngaringan.

Pada hari yang sama, ditempat yang berbeda Kwartir Ranting Wirosari dan Tawangharjo juga menyelenggarakan kegiatan pesta siaga. Barung tergiat I putra dan putri akan dikirimkan di kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang 11 15 Grobogan besok pada tanggal 23 Februari 2014 di alun-alun Purwodadi 

Hak Cipta © 2018 Kwarcab Grobogan 11.15 Grobogan. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.