Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Jambore Cabang X Tahun 2018

  • Foto bersama usai Pemberangkatan ETK di Gubug

  • Ka Kwarcab Kak Agus Siswanto bersama Jajaran Mabiran dan Kepala SMA dalam KOS 2018

  • Serah Terima ETK di Kota Semarang

  • Pengiriman Kontingen Jamda SD/MI Tahun 2018 di Purbalingga.

  • Wisata Pramuka Siaga Tahun 2018

Pencarian

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website Kwarcab Grobogan?

Baik - 75%
Sedang - 25%
Jelek - 0%

Total votes: 4
The voting for this poll has ended on: 29 Mei 2013 - 06:25

108 PEMBINA PRAMUKA DITEMPA

Sebanyak 108 Pembina Pramuka dari berbagai Gugusdepan mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) yang diselenggarakan  oleh Kwartir Cabang 11 15 Grobogan. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 21 Oktober 2013 dan akan berakhir tanggal 26 Oktober 2013. Pelaksanaan kegiatan di SD N 1 dan SD N 5 Tuko Kec. Pulokulon

 

 

 

 

 

 

Peserta KML mengikuti Upacara Pembukaan Penyerahan Tunggul Pelatihan oleh Ka Kwarcab kepada Pimpinan Kursus

Disampaikan oleh Kapusdiklat Kwarcab 11 15 Grobogan,  Suprodjo, S.Pd, bahwa pendidikan kepramukaan merupakan suatu proses pendidikan yang progresif dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan, terarah, praktis dan berkesinambungan di alam terbuka dengan menggunakan  Prinsip Dasar Kepramukan dan Metode Kepramukaan (PDKMK), kegiatan peserta didik perlu didukung dan dibina oleh anggota dewasa Gerakan Pramuka yang bekerja secara sukarela  dan bertanggung jawab sehingga kehadiran anggota dewasa di antara peserta didik baik secara langsung maupun tidak langsung sangat diperlukan, karena itu agar anggota dewasa atau pembina dapat berperan dengan baik sesuai tugas dan fungsinya, pembina harus dibekali dengan pengetahuan Teknik Kepramukaan  dan pemahaman tentang peserta didik.

 

Ditambahkan oleh Suprodjo, selama 6 hari kegiatan akan diisi dengan materi teori dan praktek sehingga para pembina betul-betul dapat mengaplikasikan hasil pelatihan di gugusdepannya masing-masing. Sesuai dengan kurikulum, para peserta akan digembleng oleh para pelatih dari Pusdiklatcab Kalacakra, dan ini merupakan  materi lanjutan dari Kursus Mahir Dasar  ( KMD) yang sebelumnya telah mereka ikuti, dan di KML akan ada penjurusan untuk pembina golongan siaga maupun golongan penggalang. Diantara materi yang harus diserap oleh para adalah peserta adalah cara menyelesaikan SKU dan SKK, upacara sebagai alat pendidikan, cara berkemah yang baik dan beberapa materi lainnya (sandi, kompas dll).

 

Sementara itu pesan Ka Kwarcab Grobogan 11 15 Grobogan, H. Icek Baskoro, SH melalui Waka Kwarcab 11 15 Grobogan bidang Bina Wasa, Dasuki, SH pada saat pembukaan KML agar Pembina Pramuka untuk selalu meningkatkan kualitas diri, sehingga pembinaan generasi muda Indonesia melalui Gerakan Pramuka dapat terlaksana dengan baik. Seorang pembina untuk selalu menyesuaikan diri terhadap perkembangan pengetahuan dan teknologi. Pembinaan karakter yang ditugaskan pemerintah kepada Gerakan Pramuka hendaknya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh pembina Pramuka sebagai ujung tombak pembinaan peserta didik di Gugusdepan. Kursus Mahir Lanjutan adalah sebuah proses yang wajib diikuti bagi seorang pembina untuk meningkatkan kemampuan, sehingga ilmu yang didapat dapat disampaikan kepada peserta didik di Gugusdepan.

Dihadapan Camat Pulokulon / Ka Mabiran Gerakan Pramuka, anggota Polsek Pulokulon, Pengurus Kwarcab Grobogan, Pengurus Kwarran Pulokulon, Kepala Desa Tuko dan para peserta KML,  Dasuki,  SH juga mengajak kepada para Majelis Pembimbing untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap perkembangan Gerakan Pramuka.

 

 

 

 

 

TOP
Hak Cipta © 2019 Kwarcab Grobogan 11.15 Grobogan. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.