Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Pesta Siaga Kwarcab Grobogan Tahun 2016

  • Pentas Tari Payung dalam rangka HUT Gerakan Pramuka ke 52

  • Jajaran Ka Kwaran dan Ka Kwarcab Grobogan pada Pesta Siaga 2015

  • Pemotongan Tumpeng dalam rangka Hari Pramuka ke 52

  • Peringatan Hari Pramuka.

  • Ka Kwarcab bersama Peserta GWCAB

Pencarian

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website Kwarcab Grobogan?

Baik - 75%
Sedang - 25%
Jelek - 0%

Total votes: 4
The voting for this poll has ended on: 29 Mei 2013 - 06:25

SAKA BHAYANGKARA KWARTIR CABANG 11 15 GROBOGAN, UKIR PRESTASI DI PERSABHARA TAHUN 2015

Persiapan yang dilakukan oleh Kontingen Saka Bhayangkara Kwarcab 11 15 Grobogan untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Saka Bhayangkara (Persabhara) tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah tidaklah sia-sia. Perhelatan tahunan bagi anggota Saka Bhayangkara se Jawa Tengah yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan Kepramukaan (Puskepram) Candra Birawa Gunung Pati Kota Semarang selama tiga hari  dari tanggal 2-4 Oktober 2015 mampu diikuti dengan baik oleh Kontingen Saka Bhayangkara Kwarcab Grobogan binaan Polres Grobogan.

 

GELAR LCT PRAMUKA TK. KWARAN, TAWANGHARJO BERSIAP MENUJU LCTP TK. KWARCAB

Tawangharjo (26/10/2014). Menyambut diselenggarakannya kegiatan Lomba Cepat Tepat Pramuka tingkat Kwarcab pada tanggal 9 November 2014 mendatang, Kwaran Tawangharjo bersiap kirim Kontingen dengan mengadakan Seleksi kegiatan serupa ditingkat Kwaran. Kegiatan yang diikuti sebanyak 35 pangkalan SD/MI untuk golongan siaga, 8 pangkalan SMP/MTs untuk golongan penggalang dan 4 pangkalan golongan penegak dibuka oleh Ketua Kwartir Ranting Kak Mudjiono. 

Kak Mudjiono Ketua Kwaran Tawangharjo, sedang memberikan

sambutan dan pengarahan kepada peserta LCTP

GELAR LOMBA TINGKAT 1 DI SMP N 2 TOROH

Toroh (17/10/2014). Bertempat di halaman SMP Negeri 2 Toroh Kecamatan Toroh ratusan anggota pramuka penggalang mengikuti kegiatan Lomba Tingkat I regu Penggalang. Kegiatan yang dihelat mulai Jumat 17 Oktober 2014 dan berakhir Minggu 19 Oktober 2014 ini bertajuk "JADILAH PRAMUKA PENGGALANG YANG TANGGAP, TANGGUH, DAN TRENGGINAS".

Dalam sambutan pembukaan upacara yang disampaikan oleh Kak Agus Prasetyo selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan ditegaskan bahwa Gerakan Pramuka adalah solusi terbaik baik anak muda. Oleh karena itu, dengan digelarnya LT 1 bagi peserta didik kelas VII dan VIII diharapkan, pramuka mampu menjadi wadah prestasi bagi siswa-siswi SMP N 2 Toroh. Selain itu disampaikan pula oleh Kak Agus bahwa Gerakan Pramuka sebagai kegiatan Ekstrakurikuler Wajib di SMP N 2 Toroh harus semakin baik, mengingat sistem latihan yang diterapkan adalah sistem Blok dan tentunya pada akhir semester akan mendapatkan penilaian secara khusus.

KURSUS MAHIR DASAR CETAK PEMBINA BERKUALITAS

Sebanyak 108 Pembina Pramuka dari berbagai pangkalan Gugusdepan SD, SMP sederajat di Wilayah Kwarran Ngaringan dan sekitarnya, sejak tanggal 18 s.d 22 Oktober 2014 menempa diri dengan mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (Kursus Mahir Dasar/KMD) yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklatcab) Kwarcab 11 15 Grobogan berlangsung di SMP N 1 Ngaringan.

Selama 5 (lima) hari para pembina Pramuka mendapatkan pembekalan dari para pelatih berupa sejarah dan pendidikan kepramukaan, pemahaman Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Disampaikan oleh Kapusdiklat Kwarcab Grobogan, Suprojo bahwa KMD bertujuan untuk mencetak kader pembina Pramuka yang berkualitas. Dengan adanya KMD diharapkan jumlah  Pembina Pramuka bertambah dan  pembinaan peserta didik yang berkualitas dapat dicapai. Dengan dibekali Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan para pembina Pramuka bisa memahami kebutuhan peserta didik anggota pramuka yang disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Ditambahkan oleh Suprojo bahwa selama kursus para peserta juga dilatih bagaimana melakukan komunikasi dan bergaul dengan peserta didik, dan teknik menyelenggarakan kegiatan yang menarik yang mengandung unsur pendidikan. Sebagai teladan bagi peserta didik, para pembina diwajibkan mengerti tentang penggunaan seragam pramuka yang benar sesuai ketentuan.

SAMBUT TAHUN 2015, PRAMUKA KWARAN TOROH GELAR RAPAT KERJA

Toroh (21/10/2014). Bertempat di Aula UPTD Pendidikan Toroh di gelar Rapat Kerja Ranting (RAKERAN) Kwaran 15 05 Toroh. Acara yang dihelat pada Selasa, 21 Oktober 2014 tersebut dihadiri oleh 100 pembina pramuka dari unsur SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK di Kecamatan Toroh.

PRAMUKA KWARAN TOROH BANTU WARGA KEKERINGAN

Toroh (13/10/2014). Panasnya musim kemarau berakibat langkanya air di berbagai wilayah terutama di Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Jauhnya akses terhadap sumber mata air dan lamanya musim kemarau menyebabkan warga masyarakat banyak mengalami kesulitan terhadap air. Kwaran Toroh melalui kegiatan Pramuka Peduli menyalurkan bantuan air bersih kepada warga masyarakat Dusun Kaluwan Desa Boloh Kecamatan Toroh. Bersama anggota pramuka penegak MA Shofa Marwa Plosoharjo Kecamatan Toroh, pengurus Kwaran Toroh bahu membahu mendistribusikan bantuan air kepada masyarakat Dusun Kaluwan.

MATERI RUJUKAN LCTP 2014

Kakak-kakak, dengan terbitnya berbagai regulasi baru terkait dengan Gerakan Pramuka, maka materi untuk pelaksanaan LCTP 2014 juga disesuaikan dengan berbagai regulasi tersebut. Antara lain dengan adanya AD-ART hasil MUNAS 2013, PP seragam Pramuka, PP tentang SKU SGT dan berbagai regulasi yang lain, berikut kami posting sebagian kecil dari PP/SK tersebut sebagai salah satu rujukan materi LCTP 2014. silahkan di Download. KLIK DIISINI

PRAMUKA BANTU AIR BERSIH WARGA

Bertempat di Desa Bendoharjo Kec. Gabus dan Desa Jetaksari Kec. Pulokulon, Pramuka Peduli Kwartir Cabang 11 15 Grobogan pada hari Minggu 28 September 2014 melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa droping air bersih secara gratis. Bantuan air bersih ini disalurkan untuk tempat ibadah (masjid dan mushola) dan kepada warga masyarakat di wilayah tersebut yang membutuhkan. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Grobogan,  dan kedua desa tersebut masing-masing dibantu 3 tangki.

Disampaikan oleh Ketua Kwartir Cabang 11 15 Grobogan, H. Icek Baskoro, SH  melalui Ketua Pelaksana Pramuka Peduli, Surono, S.Pd bahwa kegiatan Pramuka Peduli  Droping air bersih sebagai bentuk kepedulian anggota Pramuka  terhadap sesama yang diwujudkan kepada anggota masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih dimusim kemarau.

Ditambahkan oleh Surono, bahwa apa yang dilakukan oleh Pramuka Kwarcab Grobogan memang belum seberapa, namun diharapkan dari aksi ini bisa sedikit membantu warga masyarakat yang membutuhkan air bersih.  Di samping itu sebagai wadah mengembangkan potensi anggota Pramuka untuk menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial dalam diri anggota Gerakan Pramuka agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur, memahami kondisi lingkungan dan masyarakat.


 

 

JAMRAN VII GUBUG DAN JAMRAN KLAMBU : Dua Kwaran gelar jambore bersamaan

Gubug (25/10). Jambore Ranting VII Kwaran Gubug digelar. Ratusan Ragam budaya dan kreasi seni disuguhkan peserta Jambore Ranting di Bumi Perkemahan Cakra Dharma Praja Desa Ginggangtani Kecamatan Gubug. Perkemahan ini berlangsung mulai hari Jum’at s.d Minggu tanggal 25-27 Oktober 2013. Diikuti 59 pangkalan dengan jumlah peserta keseluruhan adalah 1.441 peserta penggalang dengan rincian 1.249 peserta penggalang, 118 pembina pendamping dan 50 panitia. 

 

LEADERSHIP : Pramuka Tanamkan Kepemimpinan sejak dini

Kalacakra (27/10). LEADERSHIPCAMP menempa semangat pramuka penggalang makin membaja. Kalacakra, waduk Sangeh ds. Tambirejo Kec. Toroh, sebanyak 48 peserta penggalang mengikuti kemah kepemimpinan. Dalam kegiatan tersebut, peserta dilatih khusus dalam bina diri dan bina satuan. Disetiap jadwal kegiatan masing-masing peserta berkesempatan untuk menjadi PINRU dan WAPINRU. Mereka ditempa dengan kebersamaan, kekompakan dan kerjasama. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 27-28 Oktober 2013. peserta merupakan utusan dari masing-masing Kwartir Ranting se Kwarcab Grobogan.

Pada saat dan tempat yang sama, Karangpamitran juga dilaksanakan. Hal ini guna untuk mengupdate pengetahuan kakak-kakak pembina tentang kepramukaan. Selain daripada itu, Leadership Camp dan Karangpamitran diarahkan untuk temu teknis dalam rangka Lomba PBB Tongkat tingkat Kwartir Cabang Grobogan yang akan digelar bulan November yang akan datang.

Brainstorming peserta dan pelatih

PBB menanamkan disiplin dan kemandirian

PRAMUKA KWARCAB GROBOGAN BERPERAN SERTA DALAM INDONESIA BERSIH

Purwodadi (25/10). Berlokasi di Pasar Nglejok Purwodadi, 70 anggota pramuka berperan aktif dalam aksi Indonesia bersih. Bersamaan itu pula Kak Icek Baskoro Ketua Kwarcab 11 15 Kwarcab Grobogan yang sekaligus Wakil Bupati Grobogan didampingi Kak Dasuki SH dan Kak Sarwijanto, S.Ag, hadir langsung untuk memberikan semangat adik-adik dalam membersihkan sampah-sampah di lingkungan pasar Nglejok.

Peserta aksi Indonesia bersih terdiri dari pramuka penggalang SMP N 5 Purwodadi, MA Mambaul Ala, Pramuka Keduli Kwarcab Grobogan, BLH Kabupaten Grobogan bergotong royong untuk turun langsung dalam membersihkan bermacam-macam sampah di Pasar Nglejok.

GUDEP 05.001-05.004 : TANAMKAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN MELALUI PRAMUKA

Depok (31/8). Siang yang terik tidak menjadi penghambat bagi minat anggota pramuka Gudep 05.001-05.004 SD N 1 Depok. 98 peserta telah berbaris di halaman untuk mengikuti upacara pembukaan Perkemahan Sabtu Minggu yang baru pertama kali dilaksanakan di SD N 1 Depok. Peserta terdiri dari 31 anak golongan penggalang dan 67 calon penggalang. Kegiatan dibuka oleh Kamabigus Drs. Wuryanto dan dihadiri oleh para pembina dan wali murid. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi Upacara Pembukaan dan penutupan, Upacara Pindah Golongan dari Siaga ke Penggalang, Dianpinru, mendirikan Tenda, Api Unggun, Season Materi, Game, Uji Kompetensi dan Renungan.

Antusiasme warga sekitar sangat bagus ketika kegiatan api unggun. Terbukti saat peserta secara spontan menampilkan "goyang sesar" banyak "hadiah" mendadak dari wali murid. Tari Rampak dan Tari Merak menambah meriahnya kegiatan pentas seni.

"Kegiatan ini harus kita lanjutkan dan kita tingkatkan di masa mendatang, kemandirian dan disilpin dapat kita bangun melalui Gerakan Pramuka dengan aktif dan rajin mengikuti pramuka di SD N 1 Depok yang kita cinta" pesan Kamabigus diakhir upacara penutupan.

Laporan Pratama pada Upacara Penutupan Persami di SD N 1 Depok

JAMBORE RANTING X KWARAN TOROH 2013 : Ceria, Mandiri, Bersaudara

Toroh (3/10). Lapangan Desa Tambirejo dan Lapangan Desa Pilangpayung sudah tidak hijau lagi. Warna hijau lapangan telah berubah menjadi coklat tua dan coklat muda oleh karena 1640 lebih Pramuka Penggalang SD/MI, SMP dan MTs telah siap berkemah untuk 3 hari sejak tanggal 3 Oktober s/d 5 Oktober 2013.

Perkemahan Jambore Ranting X Tahun 2013, digelar di 2 tempat, mengingat banyaknya peserta dan pertimbangan ketersediaan sarana dan prasarana. Bertemakan "Ceria-Mandiri-Bersaudara". Kegiatan tersebut meliputi berbagai bidang Kepramukaan. Kegiatan Jambore dibuka sekaligus di 2 tempat oleh Kamabiran Toroh yang diwakili oleh Waka Mabiran (Kapolsek Toroh) di Lapangan Desa Tambirejo dan Waka Harian Mabiran (Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Toroh) di Lapangan Desa Pilangpayung.

Dalam kegiatan tersebut, ditanamkan pula aspek perkemahan yang merupakan aplikasi pelajaran di sekolah yaitu Tata Pemerintahan Desa yang diberinama Kelurahan Jaka Tarub dan Kelurahan Dewi Nawangwulan. Tidak ketinggalan pentas seni, Bumbung Kemanusiaan, Pramuka Peduli ikut memeriahkan Jambore Ranting X Toroh Tahun 2013.

Pembukaan Jambore Ranting X Tahun 2013 Kwaran 15.05 Toroh

di Lapangan Desa Tambirejo

OKTOBER 2013 : Bulan yang diwarnai Jambore dan LT di Kwartir Ranting

Oktober 2013, bulan yang dipilih banyak Kwartir Ranting di Kwarcab Grobogan untuk meggelar berbagai kegiatan. Sampai dengan artikel ini dibuat terdapat beberapa Kwaran yang telah menyelenggarakan kegiatan, baik itu Jambore Ranting, maupun Lomba Tingkat, diantaranya :

Hak Cipta © 2017 Kwarcab Grobogan 11.15 Grobogan. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.