Selamat Datang Di Website Kwarcab 11.15 Grobogan
Designed Abdimas Humas
  • Pesta Siaga Kwarcab Grobogan Tahun 2016

  • Pentas Tari Payung dalam rangka HUT Gerakan Pramuka ke 52

  • Jajaran Ka Kwaran dan Ka Kwarcab Grobogan pada Pesta Siaga 2015

  • Pemotongan Tumpeng dalam rangka Hari Pramuka ke 52

  • Peringatan Hari Pramuka.

  • Ka Kwarcab bersama Peserta GWCAB

Pencarian

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website Kwarcab Grobogan?

Baik - 75%
Sedang - 25%
Jelek - 0%

Total votes: 4
The voting for this poll has ended on: 29 Mei 2013 - 06:25

KWARCAB GROBOGAN GELAR PESTA SIAGA

Sebanyak 19  barung putra dan 19 barung putri dari 19 Kwartir Ranting se Kwarcab 11 15 Grobogan mengikuti perhelatan besar yang dikemas dalam kegiatan Pesta Siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang 11 15 Grobogan di halaman Setda Grobogan hari Minggu 1 Maret 2015.

Semua peserta datang penuh dengan keceriaan, dengan didampingi Bunda dan Ayahandanya (sebutan untuk pembina pramuka siaga) mereka siap mengikuti kompetisi yang digelar secara rutin setiap tahun oleh Kwarcab 11 15 Grobogan. Dengan bekal yang sudah didapatkan dari gugusdepan dan pembinaan dari Kwartir Ranting masing-masing, selain wajah ceria, anak-anak Pramuka siaga dengan penuh optimis akan mampu melaksanakan kegiatan yang digelar selama sehari.

Dalam pesan pembukaan yang disampaikan oleh Bunda Suryati Icek Baskoro, anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Grobogan bahwa kegiatan Pesta Siaga adalah wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak dini, sehingga akan lahir patriot-patriot bangsa yang handal dan berkarakter baik. Pesta Siaga ini dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi, cinta lingkungan, disiplin dan bertanggungjawab serta mempererat tali persahabatan dan persaudaraan. Selain itu agar anak-anak Pramuka siaga dapat mencari ilmu pengetahuan, ketrampilan dan tidak kenal menyerah.

Pada kegiatan Pesta Siaga, selain diujikan tentang teknik kepramukaan, terdapat pula kompetensi yang bersifat permainan anak-anak dan juga permainan tradisional, hal ini agar anak-anak siaga selalu ceria dan dekat dengan dunia mereka yang masih anak-anak. Sementara itu pada pada permainan tradisional mereka diajak untuk mengenal bahwa Bangsa Indonesia ini memiliki berbagai jenis permainan tradisional yang merupakan kekayaan bangsa yang harus dilestarikan.

Dilaporkan oleh Siswanto, Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab 11 15 Grobogan, terdapat 17 kedai (pos/materi) pada kegiatan Pesta Siaga Kwarcab 11 15 Grobogan kali ini, ada kedai keagamaan, toleransi, yel, kepribadian, gerak dan lagu, pengetahuan umum dan kepramukaan, soda manda, parade geguritan, bermain peran dan lain-lain.

Barung Biru Putra SDN 1 Nambuhan Kwarran Purwodadi  dan Barung Merah Putra SDN 3 Tanggungharjo Kwarran Grobogan tampil sebagai juara 1 dan 2. Sedangkan juara 1 dan 2 putri diraih oleh Barung Merah Putri SDN 1 Nambuhan dan Barung Merah Putri SDN 3 Tanggungharjo Kwarran Grobogan. Keempat barung ini, kata Siswanto akan mewakili Kwarcab 11 15 Grobogan pada kegiatan serupa di tingkat Binwil Semarang pada tanggal 12 April 2015 di Kota Semarang. 

 Permainan tradisional soda manda meriahkan Pesta Siaga Kwarcab Grobogan

Tahun 2015

LESTARIKAN BUDAYA MELALUI PESTA SIAGA

Perhelatan Pesta Siaga Cabang yang akan dilaksanakan oleh Kwartir Cabang 11 15 Grobogan pada tanggal 1 Maret 2015 mendatang disiapkan sangat matang  oleh beberapa  Kwartir Ranting, tak kalah ketinggalan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 15 04 Purwodadi, Minggu 15 Februari 2015 di Halaman SMP N 1 Purwodadi menggelar Pesta Siaga tingkat ranting.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Kustomo, sebanyak  94 barung yang terdiri 34 barung putra dan 60 barung putri dari pangkalan SD/MI se Kwartir Ranting Purwodadi ikut berkompetisi dalam kegiatan ini.

Kegiatan terbagi dalam beberapa kedai (pos) diantaranya  ketaqwaan, toleransi beragama, yel-yel, kepribadian berseragam, pengetahuan umum dan kepramukaan, kecerdasan ingatan, narator cilik, parade geguritan, bermain peran, gerak lagu, tali iktan, kompas, soda manda, kereta bola basket, bumbung kemanusiaan dan peduli lingkungan. Masing –masing barung menunjukkan kompetensi yang dimiliki.

Ada pemandangan yang menarik dalam dua pos yang berbeda, satu barung tampak bermain soda manda melemparkan gacuk yang terbuat dari kayu untuk dilempar ke belakang dan dimasukkan ke dalam kotak-kotak di atas tanah, sementara pada pos yang lain, tampak satu barung melaksanakan atraksi gerak dan lagu, mereka dengan lincah, trengginas dan terkadang muncul gerakan yang lemah gemulai dengan mengikuti iringan gending-gending tradisional atau  tembang dolanan anak-anak. Ada beberapa tembang dolanan yang mengiringi, diantaranya lagu gundul-gundul pacul, kupu-kupu kuwi, cublak-cublak suweng.

Menurut, Achmadi  Ketua Kwartir Ranting Purwodadi, selain memberi kesempatan kepada anak-anak siaga untuk saling bertemu dan berkompetisi, kegiatan ini juga untuk menanamkan rasa bangga dan memiliki akan budaya bangsa yang begitu banyak, sehingga sejak dini ditanamkan kepada anak-anak untuk ikut melestarikan budaya bangsa ini. Ditambahkan oleh Achmadi, hal ini seiring dengan himbauan dari Pemerintah Daerah Kabubaten Grobogan yaitu melestarikan atau nguri-nguri kebudayaan tradisional dan mensukseskan pembangunan Jawa Tengah pada bidang kepribadian dan kebudayaan.

Barung Putri Merah dan Barung Putra Biru dari pangkalan Gugusdepan SD Negeri 1 Nambuhan tampil sebagai Juara I Pesta Siaga Kwarran Purwodadi. Sehari sebelumnya (Sabtu, 14 Februari 2015) Kwartir Ranting Kecamatan Brati juga menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga bertempat di SD N 1 Kronggen yang dimenangkan oleh Barung Putri Hijau SD N 1 Kronggen  dan Barung Putra Biru dari pangkalan SD N 1 Karangsari masing-masing sebagai Juara I. 

Ka Kwarran Purwodadi menyerahkan tropy kejuaraan

ASAH KEMAMPUAN ANAK MELALUI PESTA SIAGA

Anak-anak Pramuka Siaga dengan usia 7 s.d 10 tahun memiliki  karakter yang positif yaitu senang bermain, bergerak dan bekerja, senang menyanyi, gemar mendengar cerita,  senang bertanya, ingin tahu, ingin mencoba, spontan, lugu, polos, senang bersenda gurau, dan dengan latihan yang rutin di Perindukan Siaga (Gugusdepan) mereka mempunyai multi kemampuan yang luar biasa.

Pemandangan tersebut terlihat pada Gelaran Pesta Siaga Kwartir Ranting Ngaringan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 7 Februari 2015 di Desa Pendem Kecamatan Ngaringan. Sejumlah 37 Barung Putra dan 37 Barung Putri saling menunjukkan bakat dan kemampuannya pada dewan yuri, di kedai gerak dan lagu masing-masing barung tampil memukau menunjukkan kelincahan melakukan atraksinya, usai di kedai tersebut, pindah di kedai bermain peran. Di tempat ini, para barung mampu bermain, beraaksi menceritakan tentang berbagai cerita yang ada di Kabupaten Grobogan. Ada yang bercerita tentang Kisah  Joko Tarub, asal usul Bledug Kuwu dan cerita-cerita yang lain. Selain di kedua kedai (pos) tersebut, masing-masing barung harus menunjukkan kemampuannya juga di kedai Keagamaan, Peduli Lingkungan, Permainan Bola, Bumbung kemanusiaan, Parade Puisi, Ketrampilan Kepramukaan.

Disampaikan oleh Ketua Kwartir Ranting Ngaringan, Suwardi,  bahwa selain untuk menjaring Barung Berprestasi yang akan mewakili Kwartir Ranting Ngaringan pada Pesta Siaga Kwarcab Grobogan tanggal 1 Maret 2015, kegiatan ini diselenggarakan untuk menggiatkan kegiatan Pramuka di Kwarran Ngaringan, dimana dengan diselenggarakannya kegiatan Pesta Siaga di tingkat ranting,  perwakilan anak siaga dari pangkalan SD/MI se Kwarran Ngaringan dapat merasakan aksi dari latihan rutin mereka di Gugusdepan. Dan hal ini akan menjadi kenang-kenangan bagi anak-anak.

Ditambahkan oleh Suwardi, dengan Pesta Siaga, selain melatih kemampuan peserta didik, akan tertanam mental yang bagus, sehingga diharapkan akan membentuk kepribadian yang baik dan berbudi luhur pada anak selalu tertanam. Dihadapan Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan)/ Kepala Sekolah SD/MI dan para Pembina Pramuka yang hadir pada penutupan kegiatan Pesta Siaga, Suwardi yang juga Kepala UPTD Pendidikan Kec. Ngaringan menghimbau agar dalam latihan dengan peserta didik Pramuka Siaga untuk selalu  didasari dengan jiwa kasih sayang sehingga akan didapatkan karakter yang baik pada peserta didik, dan juga tidak hanya terampil dalam giat Pramuka tapi berprestasi juga pada bidang yang lain.

Barung Biru Putra dari Pangkalan SD Negeri 2 Ngarap-Arap dan Barung Hijau Putri dari SD Negeri 1 Ngarap-Arap tampil sebagai Tergiat I pada kegiatan Pesta Siaga Kwarran Ngaringan.

Peserta pesta siaga unjuk kebolehan di Kedai Parade Geguritan

KWARAN 15 05 TOROH GELAR PESTA SIAGA

Toroh (01/02/2015). Ratusan anggota pramuka siaga ikuti Pesta Siaga Kwaran Toroh Tahun 2015. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2015 di SMP Negeri 2 Toroh Kecamatan Toroh. Kegiatan yang bertemakan “Siaga Rajin Terampil dan Gembira” ini benar-benar mampu menjadi cermin keceriaan dari para peserta. 68 barung yang berpartisipasi pada kegiatan ini memberi warna coklat muda dan coklat tua.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kamabiran Toroh yang diwakili oleh Drs. Djoko Suprijanto, M.Pd. selaku Wakil Ketua Mabiran. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pesta siaga harus dapat digunakan sebagai wahan untuk memperluas pengetahuan, memperbanyak pengalaman dan ketrampilan, sehingga menumbuhkan semangat juang dan tidak kenal menyerah.  Melalui pesta siaga peserta dididik dan ditempa untuk menjadi pribadi yang unggul dan menjadi teladan di lingkungan sekitar, baik keluarga, sekolah dan masyarakat luas.  

Pada kesempatan lain Ketua Kwaran 15 05 Toroh Hj. Widji Astutik, S.Pd.,M.Pd juga menambahkan bahwa pesta siaga tahun ini diikuti oleh 544 peserta terdiri dari 65 pangkalan SD dan 3 pangkalan MI. Keluar sebagai Juara 1 putri adalah Barung Merah dari SD N 1 Boloh, Juara 2 Barung Hijau dari SD Negeri 2 Depok dan Juara 3 Barung Ungu dari SD Negeri 1 Depok. Juara 1 Putra SD Negeri 2 Boloh, Juara 2 SD Negeri 3 Pilangpayung dan Juara 3 SD Negeri 3 Plosoharjo. Selanjutnya barung tergiat 1 Putra dan Putri akan mewakili Kwaran Toroh di ajang Pesta Siaga tingkat Kwarcab yang akan dilaksanakan pada 1 Maret 2015 mendatang.

Penampilan peserta di kedai Gerak dan Lagu

PESTA SIAGA AJARKAN CINTA LINGKUNGAN

Sejumlah anggota barung siaga dengan keceriaan dan semangat membawa sejumlah kantong plastik yang penuh dengan sampah yang mereka kumpulkan dari lokasi kegiatan pesta siaga dan mereka tunjukkan kepada ayahanda dewan yuri bahwa mereka telah melaksanakan kegiatan peduli lingkungan yang bersih dan sehat,  setelah itu dibuang di tempat sampah yang telah ditunjuk.

Pemandangan tersebut terlihat pada salah satu kedai (pos) kegiatan Pesta Siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gabus Kwarcab Grobogan pada hari ini Sabtu, 31 Januari 2015. Hal tersebut selaras dengan pesan yang disampaikan oleh Sutrisno, Camat Gabus selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka (Kamabiran) Gabus pada pembukaan Pesta Siaga Kwarran Gabus yang diselenggarakan di Halaman Sanggar Kwarran Gabus. “Pembinaan karakter harus selalu ditanamkan kepada peserta didik, nilai-nilai kepedulian dan mencintai alam sekitar untuk ditumbuhkan sejak dini, di samping itu kegiatan Pesta Siaga dapat mencetak generasi yang unggul dan berprestasi”.

Sebanyak 14 barung putra dan 14 barung putri mengikuti perhelatan yang digelar setahun sekali oleh Kwarran Gabus, barung ini merupakan perwakilan dari masing- masing desa yang ada di wilayah Gabus.

Di samping kedai (pos) bidang peduli lingkungan hidup, ada berbagai kedai di dalam kegiatan Pesta Siaga Gabus, diantaranya adalah Kedai Keagamaan, Toleransi Beragama, Pengetahuan Umum dan Kepramukaan, Gerak dan Lagu, Parade Puisi Jawa, Yel Barung, Bermain Peran dan kedai lainnya. Masing-masing barung saling menunjukkan kemampuannya di kedai-kedai yang tersedia.

Sementara itu, menurut Prawoto, Ketua Kwartir Ranting Gabus pada upacara penutupan menyampaikan bahwa kegiatan Pesta Siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gabus selain sebagai pertemuan yang menyenangkan dan mendidik bagi Pramuka Golongan Siaga, kegiatan ini adalah sebagai seleksi untuk barung berprestasi yang akan mewakili Kwarran Gabus di kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwarcab Grobogan tanggal 1 Maret 2015 di Purwodadi. Barung Biru Putra dari SD Negeri 2 Tunggul  dan Barung Merah Putri SD Negeri 4 Tunggul tampil sebagai Juara I Pesta Siaga Kwarran Gabus Tahun 2015. 

para peserta pesta siaga Kwaran Gabus mengumpulkan sampah di kedai peduli lingkungan

PRAMUKA BANTU PENANGANAN PASCA KEBAKARAN

Grobogan (27/1). Puluhan pramuka menggelar aksi penanganan pasca kebakaran di Desa Boloh. Si jago merah yang mengamuk pada Selasa dinihari 27 Januari 2015 telah melalap 4 rumah tersebut menyebabkan kerugian ratusan juta. Rumah Bapak Susilo (48) yang beralamat di RT 02 RW 03 Desa Boloh Kecamatan Toroh terbakar lantaran obat nyamuk bakar.

Pada kesempatan tersebut Kwarcab Grobogan dibawah komando langsung H. Sarwiyanto, S.Ag selaku Sekretaris Cabang menurunkan 32 pramuka peduli untuk membantu membersihkan puing-puing kebakaran.  Disampaikan oleh Sarwiyanto bahwa pramuka peduli Kwarcab Grobogan menugaskan Tim Reaksi Cepat dan Kwaran Toroh untuk segera turun ke lokasi.

“Meski kami tidak bisa membantu memadamkan api saat kebakaran berlangsung, tetapi dengan adanya peran pramuka pada penanganan pasca kebakaran ini mampu memberikan pendidikan kepada generasi muda betapa pentingnya rasa kepedulian terhadap sesama”. Tandasnya didampingi Hariyanto, SPd selaku Sekretaris Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan.

 

Menurut keterangan warga setempat, bahwa penyebab kebakaran tersebut diketahui adalah obat nyamuk bakar yang berasal dari kamar tempat tidur. Aksi yang digelar pramuka peduli merupakan wujud nyata akan kecintaan pramuka terhadap masyarakat. Bahwa pramuka harus selalu ada dan siap membantu saat dibutuhkan oleh masyarakat. Itulah nilai-nilai yang ada di kepramukaan  yang selalu ditanamkan sejak dini.

Anggota pramuka peduli sedang membersihkan puing bekas kebakaran 

 

 

 

 

 

 

PENGURUS PRAMUKA KWARAN 11.15.10 KRADENAN DILANTIK

Kradenan (25/03/2014). Bertempat di Gedung  KPRI Bahtera Kecamatan Kradenan, pengurus Mabiran dan Kwaran 11.15.10 Kradenan periode 2013-2016 dilantik. Pada kesempatan tersebut, hadir secara langsung Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan H. Icek Baskoro, SH untuk melantik pengurus Mabiran 11.15.10 Kwaran Kradenan.

Dalam sambutannya, Ketua Kwaran 11.15.10 yang baru Suharsono, SPd menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota pramuka di Kwaran Kradenan yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin Kwaran Kradenan selama 3 (tiga) tahun mendatang. “Ini merupakan tugas yang berat, namun saya akan melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya sampai akhir masa bakti” tandas Suharsono, SPd yang sekaligus Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kradenan.

Pengucapan Satya Pramuka oleh Pengurus Mabiran dipandu oleh Kak Icek Baskoro, SH Ka Kwarcab Grobogan

GEMA PERKEMAHAN BODEN POWELL DAY (BPD) KWARCAB GROBOGAN

(Boloh, 16/3/14). Teriknya matahari tak menghalangi semangat peserta Perkemahan Boden Powell Day (BPD) Kwarcab Grobogan untuk tetap beraksi dalam bakti masyarakat yang digelar selama 3 hari di Dusun Kayen dan Dusun Kaluwan Desa Boloh Kecamatan Toroh.

Hak Cipta © 2017 Kwarcab Grobogan 11.15 Grobogan. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.